142.920 Mhz RPU RAPI Sleman - Bukit Turgo


142.920 Mhz RPU RAPI Sleman - Bukit Turgo. Dampak dari erupsi Gunung Merapi dalam beberapa tahun terakhir telah mengakibatkan penumpukan endapan material vulkanik yang semakin besar. Salah satu risiko terburuk yang dapat terjadi adalah terjadinya banjir lahar dingin melalui sungai-sungai yang melintasi pemukiman di sekitar gunung dan mengarah ke pantai Selatan. 
Untuk mengantisipasi kondisi terburuk ini, pad atahun 2022 Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal Sleman Utara telah mengaktifkan kembali Radio Pancar Ulang (RPU) sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi semua dampak yang mungkin timbul akibat aktivitas Gunung Merapi.

Radio ini akan menjadi kanal komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (BPBD) Kabupaten Sleman, Marwan, telah menyampaikan bahwa kondisi ini sangat mengkhawatirkan dan dapat terjadi kapan saja.



Sudah tambah 1 RPU sebagai kanal informasi melalui frekuensi VHF, sehingga saat ini ada 2 RPU yang bisa diakses seluruh masyarakat Yogya dan Jateng selatan terkait kondisi Gunung Merapi, di frekuensi 142.920 Mhz," ujar Kartono yang juga tinggal di Pakem Sleman ini.



Info via


1 comment:

  1. Ini frekuensi direct atau duplex? Ada informasi untuk input dan tone? Terima kasih.

    ReplyDelete