Istilah yang sering digunakan saat berkomunikasi (Ngebreak)


Berkomunikasi lewat radio sering menggunakan istilah yang hanya dipahami oleh pengguna frekuensi /komunitasnya saja. Orang umum kadang bingung dan tidak paham dengan istilah tersebut. Berikut ini Istilah yang sering digunakan saat berkomunikasi (Ngebreak). Tulisan kali menyajikan berbagai istilah yang sering digunakan dalam berkomunikasi.

Daftar istilah yang digunakan saat berkomunikasi Radio

Berikut ini berbagai istilah umum dan artinya yang sering digunakan :
  1. PTT, Push to Talk merupakan saklar yang dipencet terus saat orang transmit dan berbicara. Kemudian PTT dilepas gantian yang lain bicara dan kita mendengarkan. 
  2. ROGER (baiklah) merupakan kependekan dari "Received Order Given, Expect Results." Frasa ini tidak mencerminkan persetujuan, melainkan hanya merupakan sinyal bahwa pesan telah diterima dengan baik. Ini menunjukkan bahwa seorang yang berkomunikasi telah mengkonfirmasi penerimaan pesan atau instruksi yang diberikan oleh lawan komunikasinya.
  3. Ganti, ganti digunakan diakhir pembicaraan diikuti dengan memepas PTT. Sebagai bagian akhir dari sesi percakapan seseorang, dan mempersilahkan orang lain untuk gantian berbicara.
  4. Spasi adalah jeda yang diberikan antar pembicaraan, misalkan si A selesai berbicara dan diakgir dengan GANTI. ada jeda yang diberikan sebelum si B gantian memencet PTT.
  5. Splet : Gangguan yang terjadi pada frekuensi yang digunakan/gangguan ini umumnya bisa didengarkan. Sumber gangguan bisanya berasal dari frekuensi lain yang berdekatan, frekuensi harmonik atau penyebab lain. Bisa terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja.
  6. Standby (Monitor): Kondisi dimana seseorang yang tadinya bicara kemudian hanya mendengarkan saja, mendengarkan komunikasi dan jika dipanggil siap menjawab kembali.
  7. Modulasi : istilah lain dari suara yang didengarkan, misalnya Modulasi terdengar baik dan jelas. Modulasi ketinggalan (Suara terlalu kecil, suara kurang jelas atau kurang keras)
  8. Linear, sinyal kurang baik dan agak susah untuk didengarkan.
  9. Tidak tercopy, apa yang disampikan tidak terdengar, atau tidak dipahami bisa minta untuk di ulang kembali (repeate)
  10. Repeate : Misalkan mohin bisa di repeate, artinya apa yang disampaikan sebelumnya tidak/ kurang terdengar minta untuk diulang kembali. 
  11. Geser (naik/turun/frekuensi) digunakan untuk pindah ke frekuensi lain, misalkan naik atau turun 10 ( 10 Khz) dari frekuensi saat ini.
  12. RPU / Repeter : Radio pancar Ulang, sebuah perangkat yang digunakan untuk merelai komunikasi supaya bisa mencapai jarak yang lebih jauh lagi. Ada istilah tambahan Duplek+ (plus) atau Dumplek- (minus).
  13. Tone :Kode yang digunakan utnuk membuka/menutup suara Tone distingkan di perangkat Komunikasi, misalnya Tone 88,6
  14. Crowded : Frekuensi yang ramai digunakan oleh banyak orang, perlu diatus supaya tertib bisa bergantian.
Silahkan bisa ditambahkan dan Isitlah lain akan diupdate disini
Selain Istilah ada juga Kode-kode angka yang sering digunakan, kode -kode angka ini secara umum ada kode yang digunakan RAPI, ORARI dan Kepolisian /Aparat. Tentang kode ini akan dibahas dituliskan lain.

No comments:

Post a Comment