Sosialisasi Program Maritim On The Spot (MOTS) dan Launching Zona Integritas (ZI)


Banda Aceh, Rabu (14/06/2023) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh (Balmon Banda Aceh) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Perizinan Frekuensi Radio Kapal dan Program Maritim On The Spot (MOTS) untuk memperkenalkan program MOTS Ditjen SDPPI melalui Balmon Banda Aceh kepada Instansi Dinas Kelautan dan Perikanan, pelabuhan-pelabuhan perikanan, dan seluruh stakeholder maritim di wilayah Provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, Kepala Balmon Banda Aceh, Luthfi, menekankan bahwa MOTS bertujuan untuk memastikan setiap kapal yang beroperasi di laut menggunakan alat dan perangkat komunikasi radio maritim yang bersertifikasi. Hal ini diharapkan dapat mengurangi gangguan frekuensi radio penerbangan serta meningkatkan keselamatan pelayanan rakyat.

"Semua dilakukan demi mendorong penggunaan frekuensi radio yang legal, tertib, bertanggung jawab, dan sesuai peruntukannya," ungkap Luthfi.

Sosialisasi Program Maritim On The Spot (MOTS) dan Launching Zona Integritas (ZI)

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan dukungan positif dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman, yang menyadari pentingnya frekuensi radio dalam komunikasi antar nelayan. Perwakilan masyarakat adat nelayan, Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek, juga berharap agar edukasi tentang penggunaan frekuensi radio dapat diberikan kepada para nelayan untuk memastikan pemahaman mereka terhadap peraturan tersebut.


Sosialisasi tersebut dihadiri oleh lebih kurang 50 peserta, yang mayoritas berasal dari pelabuhan-pelabuhan perikanan, Dinas Kelautan Perikanan, dan stakeholder maritim di 19 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Aceh. Narasumber dari Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI, Balmon Banda Aceh, dan UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja menyampaikan materi terkait Perizinan ISR Dinas Maritim, Izin Komunikasi Radio Perikanan (IKRAN), Optimalisasi Pelayanan Pelabuhan Perikanan di Aceh, dan Pengawasan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio di Provinsi Aceh. Selanjutnya, dilakukan diskusi tanya jawab antara peserta dan narasumber.


Selain sosialisasi, acara ini juga menjadi momentum untuk meluncurkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Seluruh peserta memberikan dukungan dengan menandatangani komitmen bersama untuk membangun Zona Integritas tersebut.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para stakeholder maritim dapat memahami regulasi frekuensi radio maritim yang berlaku dan menggunakan spektrum frekuensi radio secara legal, tertib, bertanggung jawab, dan sesuai peruntukannya. Balmon Banda Aceh akan terus berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan program MOTS serta memastikan keselamatan dan kelancaran komunikasi di perairan Aceh.

No comments:

Post a Comment