Pengalaman Jim Kennard dalam Komunikasi EME (Earth-Moon-Earth)


Pada hari Kamis, 19 September 2024, Jim Kennard berhasil melakukan komunikasi EME (Earth-Moon-Earth) pertamanya. Ia berhasil berkomunikasi pada frekuensi 144 MHz dengan memantulkan sinyal radionya ke bulan untuk terhubung dengan UA3PTW, yang terletak sekitar 160 kilometer di selatan Moskow, Rusia. Jarak perjalanan sinyal tersebut bolak-balik ke bulan dan kembali mencapai sekitar 800.000 kilometer.

Biasanya, komunikasi EME memerlukan array antena besar yang terdiri dari beberapa elemen serta daya lebih dari 1000 watt. Stasiun yang dirancang untuk komunikasi EME sering kali sangat mahal. Namun, jika kondisi memungkinkan, untuk beberapa menit saja, komunikasi dapat dilakukan dengan peralatan yang jauh lebih sederhana. Jim menggunakan antena 13 elemen buatan sendiri sepanjang 6 meter dan radio ICOM IC-9700 dengan daya 100 watt dalam mode JT65B untuk membuat kontak tersebut. Kesabaran yang tinggi sangat diperlukan dalam proses ini.



Jim mendapatkan lisensi radio amatirnya ketika ia berusia 13 tahun, dan sejak saat itu, berkomunikasi menggunakan EME telah menjadi salah satu impiannya selama lebih dari 60 tahun. Akhirnya, impian itu terwujud dengan nama panggilannya, Jim W2EKE.

Tentang Komunikasi Radio EME (Moonbounce) / EME Moonbounce Radio Communications

Komunitas ini dibentuk untuk bertukar informasi dan ide tentang eksperimen radio ekstrem, termasuk komunikasi Earth-Moon-Earth (EME) yang menggunakan bulan sebagai reflektor sinyal radio. EME adalah salah satu bentuk komunikasi radio yang menantang namun menarik, karena melibatkan penggunaan bulan sebagai pemantul alami untuk memantulkan sinyal radio dari bumi kembali ke bumi di lokasi lain.

Komentar dari Sofjan Yang Mustopoh

Ini adalah sebuah pencapaian. Saya pertama kali membaca tentang EME pada tahun 1986. Tantangannya tampak sangat sulit. Bulan hanya memiliki lebar 0,5 derajat, sedangkan kebanyakan antena yagi memiliki lebar sinar yang jauh lebih besar. Selain itu, sinyal yang dipantulkan hanya sebagian kecil saja.

Sumber FB Group : EME Moonbounce Radio Communications

No comments:

Post a Comment