Friday, August 9, 2024

Daftar semua Kode 10 yang digunakan dalam Komunikasi Radio

  F0       Friday, August 9, 2024


Berikut ini adalah daftar lengkap Sandi Angka 10 yang digunakan dalam komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Kode-kode ini membantu dalam menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan efisien, terutama dalam berbagai situasi yang berbeda.

Daftar Lengkap Sandi Angka 10

  1. 10-1 Sulit didengar // Penerimaan buruk
    Sinyal radio yang diterima lemah atau tidak jelas.

  2. 10-2 Didengar jelas // Penerimaan baik
    Sinyal radio yang diterima jelas dan dapat dimengerti.

  3. 10-3 Berhenti mengudara / memancar
    Menghentikan transmisi atau siaran untuk sementara waktu.

  4. 10-4 Benar // Dimengerti
    Pesan telah dipahami dengan jelas oleh penerima.

  5. 10-5 Ada pesan untuk disampaikan
    Ada informasi atau pesan yang perlu disampaikan kepada orang lain.

  6. 10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting
    Tidak dapat merespons karena sedang sibuk, kecuali ada informasi penting.

  7. 10-7 Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara
    Mengalami masalah teknis yang membuat tidak bisa melakukan transmisi.

  8. 10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara
    Semua sistem dalam kondisi baik dan siap untuk melakukan transmisi.

  9. 10-9 Mohon diulangi
    Meminta pengirim untuk mengulang pesan karena tidak jelas atau tidak terdengar.

  10. 10-10 Penyampaian berita selesai
    Pengiriman atau penyampaian pesan sudah selesai.

  11. 10-11 Berbicara terlalu cepat
    Permintaan agar pengirim berbicara lebih lambat.

  12. 10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu
    Tidak dapat melanjutkan komunikasi karena ada tamu yang datang.

  13. 10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan
    Menyampaikan atau meminta informasi mengenai cuaca atau kondisi jalan.

  14. 10-14 Informasi
    Menyampaikan bahwa ada informasi yang perlu didengar.

  15. 10-15 Informasi sudah disampaikan
    Mengkonfirmasi bahwa informasi telah diterima dan disampaikan.

  16. 10-16 Mohon dijemput / diambil di / direspon
    Permintaan untuk dijemput atau diberikan respon.

  17. 10-17 Ada urusan penting
    Menyatakan bahwa ada hal penting yang perlu dilakukan.

  18. 10-18 Ada sesuatu untuk kita
    Ada sesuatu yang mungkin bermanfaat atau diperlukan.

  19. 10-19 Bukan untuk Anda, harap kembalikan
    Pesan atau informasi yang diterima tidak ditujukan kepada penerima, harap dikembalikan.

  20. 10-20 Lokasi transmit // Posisi memancar
    Menyatakan atau meminta lokasi saat ini dari pengirim atau penerima.

  21. 10-21 Kontak / hubungan melalui telepon
    Meminta atau menyarankan untuk melakukan kontak melalui telepon.

  22. 10-22 Melapor langsung ke …
    Permintaan untuk melapor langsung ke tempat atau orang tertentu.

  23. 10-23 Menunggu // Stand by
    Permintaan untuk menunggu atau tetap dalam posisi standby.

  24. 10-24 Selesai melaksanakan tugas
    Menginformasikan bahwa tugas telah selesai dilakukan.

  25. 10-25 Dapatkah menghubungi / dihubungi
    Meminta konfirmasi apakah dapat dihubungi atau dapat menghubungi.

  26. 10-26 Pesan/info terakhir kurang diperhatikan
    Menyatakan bahwa pesan terakhir tidak diperhatikan atau tidak dipahami dengan baik.

  27. 10-27 Pindah ke jalur / channel …
    Permintaan untuk berpindah ke kanal atau jalur komunikasi yang berbeda.

  28. 10-28 Nama panggilan // Callsign
    Menyebutkan atau meminta nama panggilan atau callsign.

  29. 10-29 Waktu hubungan / kontak habis
    Menginformasikan bahwa waktu untuk kontak atau hubungan telah habis.

  30. 10-30 Tidak menaati peraturan
    Menyatakan bahwa seseorang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

  31. 10-31 Sistem / jenis antena yang digunakan
    Menyatakan atau meminta informasi mengenai sistem atau jenis antena yang digunakan.

  32. 10-32 Laporan sinyal dan modulasi // Radio check
    Permintaan untuk memeriksa sinyal dan kualitas modulasi (cek radio).

  33. 10-33 Keadaan darurat // Emergency
    Menyatakan situasi darurat yang membutuhkan perhatian segera.

  34. 10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini
    Permintaan bantuan karena ada kesulitan di stasiun yang bersangkutan.

  35. 10-35 Informasi rahasia
    Informasi yang bersifat rahasia dan tidak boleh disebarluaskan.

  36. 10-36 Jam berapa waktu yang tepat?
    Meminta informasi mengenai waktu yang tepat.

  37. 10-37 Perlu mobil derek di …
    Permintaan untuk mengirimkan mobil derek ke lokasi tertentu.

  38. 10-38 Perlu ambulans di …
    Permintaan untuk mengirimkan ambulans ke lokasi tertentu.

  39. 10-39 Pesan sudah disampaikan
    Mengkonfirmasi bahwa pesan telah disampaikan ke pihak yang bersangkutan.

  40. 10-40 Perlu dokter
    Permintaan untuk mengirimkan atau memanggil dokter.

  41. 10-41 Silahkan pindah frekuensi
    Permintaan untuk pindah ke frekuensi lain untuk melanjutkan komunikasi.

  42. 10-42 Ada kecelakaan di …
    Memberitahukan adanya kecelakaan di lokasi tertentu.

  43. 10-43 Kemacetan lalu lintas di …
    Memberitahukan adanya kemacetan lalu lintas di lokasi tertentu.

  44. 10-44 Ada pesan untuk Anda
    Menginformasikan bahwa ada pesan yang ditujukan kepada penerima.

  45. 10-45 Dalam jangkauan, harap melapor
    Meminta penerima untuk melapor jika berada dalam jangkauan.

  46. 10-46 Memerlukan montir
    Permintaan untuk mengirimkan montir ke lokasi tertentu.

  47. 10-47 Waktu berangkat jam …
    Menyatakan waktu berangkat dari suatu lokasi.

  48. 10-48 Waktu tiba jam …
    Menyatakan waktu tiba di suatu lokasi.

  49. 10-49 Titik pertemuan di …
    Menyatakan atau meminta lokasi pertemuan di suatu tempat.

  50. 10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
    Permintaan untuk mengosongkan kanal atau jalur komunikasi.

  51. 10-51 Kehabisan Bahan Bakar
    Menginformasikan bahwa bahan bakar telah habis dan membutuhkan bantuan.

  52. 10-52 Membutuhkan ban
    Permintaan untuk mengirimkan ban cadangan ke lokasi tertentu.

  53. 10-53 Membutuhkan peralatan
    Permintaan untuk mengirimkan peralatan tertentu ke lokasi tertentu.

  54. 10-54 Membutuhkan bankipas
    Permintaan untuk mengirimkan bankipas ke lokasi tertentu.

  55. 10-55 Membingungkan sopir
    Menyatakan bahwa sopir bingung atau tidak mengetahui arah.

  56. 10-56 Butuh tali penyeret
    Permintaan untuk mengirimkan tali penyeret ke lokasi tertentu.

  57. 10-57 Kesulitan baterai
    Menginformasikan bahwa baterai mengalami kesulitan atau habis daya.

  58. 10-60 Apakah ada pesan selanjutnya?
    Menanyakan apakah ada pesan selanjutnya yang perlu disampaikan.

  59. 10-61 Jalan tidak bisa dilewati
    Menginformasikan bahwa jalan di suatu lokasi tidak dapat dilewati.

  60. 10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
    Menyatakan bahwa pesan tidak dipahami dan meminta komunikasi dilanjutkan melalui telepon.

  61. 10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di …
    Menyatakan bahwa tugas atau pekerjaan dilanjutkan di lokasi tertentu.

  62. 10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
    Menginformasikan bahwa pekerjaan telah selesai dengan baik.

  63. 10-65 Menunggu berita lanjutan
    Menyatakan bahwa sedang menunggu informasi atau berita lebih lanjut.

  64. 10-67 Semua unit siap / setuju
    Mengkonfirmasi bahwa semua unit siap atau setuju untuk melaksanakan tugas.

  65. 10-68 Pertemuan dengan cara
    Menyatakan cara atau metode yang akan digunakan untuk pertemuan.

  66. 10-69 Pesan telah diterima
    Mengkonfirmasi bahwa pesan telah diterima oleh penerima.

  67. 10-70 Ada kebakaran di …
    Menginformasikan adanya kebakaran di suatu lokasi.

  68. 10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
    Menyatakan jenis perangkat atau rig yang digunakan.

  69. 10-72 Menanti Pengarahan
    Menyatakan bahwa sedang menunggu pengarahan atau instruksi lebih lanjut.

  70. 10-73 Kurangi kecepatan pada …
    Permintaan untuk mengurangi kecepatan di lokasi tertentu.

  71. 10-74 Tidak // Negatif
    Menyatakan penolakan atau ketidaksetujuan.

  72. 10-75 Penyebab gangguan
    Menginformasikan atau menanyakan penyebab gangguan dalam komunikasi.

  73. 10-76 Dalam perjalanan ke …
    Menginformasikan bahwa sedang dalam perjalanan menuju lokasi tertentu.

  74. 10-77 Belum / tidak menghubungi / Tidak ada kontak
    Menginformasikan bahwa belum ada kontak atau komunikasi yang dilakukan.

  75. 10-78 Tempat kerja / kantor / sekolah
    Menyatakan atau menanyakan lokasi tempat kerja, kantor, atau sekolah.

  76. 10-79 Membawa makanan
    Menginformasikan bahwa seseorang sedang membawa makanan.

  77. 10-80 Stasiun Pemancar Ulang / RPU
    Menyatakan penggunaan stasiun pemancar ulang atau repeater (RPU).

  78. 10-81 Pesankan kamar di hotel …
    Permintaan untuk memesan kamar di hotel tertentu.

  79. 10-82 Pesankan kamar untuk …
    Permintaan untuk memesan kamar atas nama seseorang.

  80. 10-83 Perlengkapan cadangan
    Menginformasikan perlengkapan cadangan yang diperlukan atau disiapkan.

  81. 10-84 Nomor telepon
    Menyatakan atau menanyakan nomor telepon yang dapat dihubungi.

  82. 10-85 Rumah / Alamat
    Menyatakan atau menanyakan alamat rumah atau lokasi tertentu.

  83. 10-86 Nomor Polisi Kendaraan
    Menyatakan atau menanyakan nomor polisi kendaraan yang digunakan.

  84. 10-87 Sudah sampai tujuan
    Menginformasikan bahwa telah tiba di tujuan.

  85. 10-88 Love & Kiss
    Kode untuk menyampaikan kasih sayang atau salam mesra.

  86. 10-89 Butuh montir radio
    Permintaan untuk mengirimkan montir untuk memperbaiki perangkat radio.

  87. 10-90 Dapat gangguan pesawat televisi (TVI)
    Menginformasikan adanya gangguan pada pesawat televisi akibat sinyal.

  88. 10-91 Agar berbicara dekat mikrofon
    Permintaan untuk berbicara lebih dekat dengan mikrofon agar suara lebih jelas.

  89. 10-92 Pemancar / pesawat perlu distel
    Menginformasikan bahwa pemancar atau perangkat radio perlu disetel ulang.

  90. 10-93 Cek kecepatan frekuensi
    Permintaan untuk memeriksa atau mengatur kecepatan frekuensi.

  91. 10-94 Berbicara agak panjang
    Permintaan agar pengirim menyampaikan pesan lebih panjang atau lebih lengkap.

  92. 10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
    Menginformasikan bahwa transmisi akan dilakukan dengan sinyal setiap 5 detik.

  93. 10-97 Test pada pemancar / test jarum sinyal pesawat
    Permintaan untuk melakukan tes pada pemancar atau sinyal.

  94. 10-98 Check in Net / Kegiatan net (NCS)
    Menginformasikan partisipasi atau pengecekan dalam kegiatan net (Network Control Station).

  95. 10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
    Menginformasikan bahwa tugas telah selesai dengan sukses dan semua orang dalam keadaan aman.

  96. 10-100 Akan ke kamar mandi
    Menginformasikan bahwa seseorang akan meninggalkan pos untuk pergi ke kamar mandi.

  97. 10-200 Butuh bantuan polisi di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan polisi ke lokasi tertentu.

  98. 10-300 Butuh pemadam kebakaran di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan pemadam kebakaran ke lokasi tertentu.

  99. 10-400 Butuh petugas ketertiban umum di …
    Permintaan untuk mengirimkan petugas ketertiban umum ke lokasi tertentu.

  100. 10-500 Butuh bantuan provost di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan provost ke lokasi tertentu.

  101. 10-600 Butuh bantuan garnizun di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan garnizun (militer) ke lokasi tertentu.

  102. 10-700 Butuh bantuan s.a.r. di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan Search and Rescue (SAR) ke lokasi tertentu.

  103. 10-800 Butuh bantuan petugas PLN
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan dari petugas PLN (Perusahaan Listrik Negara).

  104. 10-900 Butuh bantuan di …
    Permintaan umum untuk bantuan di lokasi tertentu.

  105. 10-1000 Perlu obat anti mabok
    Permintaan untuk obat anti mabuk.

Salam RAPI

  • 51 Salam Keluarga
  • 55 Salam Sejahtera
  • 73 Best Regard / Salam Terbaik

Kode-kode ini mencerminkan berbagai situasi yang mungkin dihadapi oleh anggota RAPI, mulai dari komunikasi sehari-hari hingga keadaan darurat. Dengan memahami dan menggunakan kode-kode ini dengan benar, komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif, serta membantu dalam menjaga kelancaran operasi RAPI di seluruh Indonesia.

logoblog

Thanks for reading Daftar semua Kode 10 yang digunakan dalam Komunikasi Radio

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment