Berikut ini adalah daftar lengkap Sandi Angka 10 yang digunakan dalam komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Kode-kode ini membantu dalam menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan efisien, terutama dalam berbagai situasi yang berbeda.
Daftar Lengkap Sandi Angka 10
10-1 Sulit didengar // Penerimaan buruk
Sinyal radio yang diterima lemah atau tidak jelas.10-2 Didengar jelas // Penerimaan baik
Sinyal radio yang diterima jelas dan dapat dimengerti.10-3 Berhenti mengudara / memancar
Menghentikan transmisi atau siaran untuk sementara waktu.10-4 Benar // Dimengerti
Pesan telah dipahami dengan jelas oleh penerima.10-5 Ada pesan untuk disampaikan
Ada informasi atau pesan yang perlu disampaikan kepada orang lain.10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting
Tidak dapat merespons karena sedang sibuk, kecuali ada informasi penting.10-7 Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara
Mengalami masalah teknis yang membuat tidak bisa melakukan transmisi.10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara
Semua sistem dalam kondisi baik dan siap untuk melakukan transmisi.10-9 Mohon diulangi
Meminta pengirim untuk mengulang pesan karena tidak jelas atau tidak terdengar.10-10 Penyampaian berita selesai
Pengiriman atau penyampaian pesan sudah selesai.10-11 Berbicara terlalu cepat
Permintaan agar pengirim berbicara lebih lambat.10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu
Tidak dapat melanjutkan komunikasi karena ada tamu yang datang.10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan
Menyampaikan atau meminta informasi mengenai cuaca atau kondisi jalan.10-14 Informasi
Menyampaikan bahwa ada informasi yang perlu didengar.10-15 Informasi sudah disampaikan
Mengkonfirmasi bahwa informasi telah diterima dan disampaikan.10-16 Mohon dijemput / diambil di / direspon
Permintaan untuk dijemput atau diberikan respon.10-17 Ada urusan penting
Menyatakan bahwa ada hal penting yang perlu dilakukan.10-18 Ada sesuatu untuk kita
Ada sesuatu yang mungkin bermanfaat atau diperlukan.10-19 Bukan untuk Anda, harap kembalikan
Pesan atau informasi yang diterima tidak ditujukan kepada penerima, harap dikembalikan.10-20 Lokasi transmit // Posisi memancar
Menyatakan atau meminta lokasi saat ini dari pengirim atau penerima.10-21 Kontak / hubungan melalui telepon
Meminta atau menyarankan untuk melakukan kontak melalui telepon.10-22 Melapor langsung ke …
Permintaan untuk melapor langsung ke tempat atau orang tertentu.10-23 Menunggu // Stand by
Permintaan untuk menunggu atau tetap dalam posisi standby.10-24 Selesai melaksanakan tugas
Menginformasikan bahwa tugas telah selesai dilakukan.10-25 Dapatkah menghubungi / dihubungi
Meminta konfirmasi apakah dapat dihubungi atau dapat menghubungi.10-26 Pesan/info terakhir kurang diperhatikan
Menyatakan bahwa pesan terakhir tidak diperhatikan atau tidak dipahami dengan baik.10-27 Pindah ke jalur / channel …
Permintaan untuk berpindah ke kanal atau jalur komunikasi yang berbeda.10-28 Nama panggilan // Callsign
Menyebutkan atau meminta nama panggilan atau callsign.10-29 Waktu hubungan / kontak habis
Menginformasikan bahwa waktu untuk kontak atau hubungan telah habis.10-30 Tidak menaati peraturan
Menyatakan bahwa seseorang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan.10-31 Sistem / jenis antena yang digunakan
Menyatakan atau meminta informasi mengenai sistem atau jenis antena yang digunakan.10-32 Laporan sinyal dan modulasi // Radio check
Permintaan untuk memeriksa sinyal dan kualitas modulasi (cek radio).10-33 Keadaan darurat // Emergency
Menyatakan situasi darurat yang membutuhkan perhatian segera.10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini
Permintaan bantuan karena ada kesulitan di stasiun yang bersangkutan.10-35 Informasi rahasia
Informasi yang bersifat rahasia dan tidak boleh disebarluaskan.10-36 Jam berapa waktu yang tepat?
Meminta informasi mengenai waktu yang tepat.10-37 Perlu mobil derek di …
Permintaan untuk mengirimkan mobil derek ke lokasi tertentu.10-38 Perlu ambulans di …
Permintaan untuk mengirimkan ambulans ke lokasi tertentu.10-39 Pesan sudah disampaikan
Mengkonfirmasi bahwa pesan telah disampaikan ke pihak yang bersangkutan.10-40 Perlu dokter
Permintaan untuk mengirimkan atau memanggil dokter.10-41 Silahkan pindah frekuensi
Permintaan untuk pindah ke frekuensi lain untuk melanjutkan komunikasi.10-42 Ada kecelakaan di …
Memberitahukan adanya kecelakaan di lokasi tertentu.10-43 Kemacetan lalu lintas di …
Memberitahukan adanya kemacetan lalu lintas di lokasi tertentu.10-44 Ada pesan untuk Anda
Menginformasikan bahwa ada pesan yang ditujukan kepada penerima.10-45 Dalam jangkauan, harap melapor
Meminta penerima untuk melapor jika berada dalam jangkauan.10-46 Memerlukan montir
Permintaan untuk mengirimkan montir ke lokasi tertentu.10-47 Waktu berangkat jam …
Menyatakan waktu berangkat dari suatu lokasi.10-48 Waktu tiba jam …
Menyatakan waktu tiba di suatu lokasi.10-49 Titik pertemuan di …
Menyatakan atau meminta lokasi pertemuan di suatu tempat.10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
Permintaan untuk mengosongkan kanal atau jalur komunikasi.10-51 Kehabisan Bahan Bakar
Menginformasikan bahwa bahan bakar telah habis dan membutuhkan bantuan.10-52 Membutuhkan ban
Permintaan untuk mengirimkan ban cadangan ke lokasi tertentu.10-53 Membutuhkan peralatan
Permintaan untuk mengirimkan peralatan tertentu ke lokasi tertentu.10-54 Membutuhkan bankipas
Permintaan untuk mengirimkan bankipas ke lokasi tertentu.10-55 Membingungkan sopir
Menyatakan bahwa sopir bingung atau tidak mengetahui arah.10-56 Butuh tali penyeret
Permintaan untuk mengirimkan tali penyeret ke lokasi tertentu.10-57 Kesulitan baterai
Menginformasikan bahwa baterai mengalami kesulitan atau habis daya.10-60 Apakah ada pesan selanjutnya?
Menanyakan apakah ada pesan selanjutnya yang perlu disampaikan.10-61 Jalan tidak bisa dilewati
Menginformasikan bahwa jalan di suatu lokasi tidak dapat dilewati.10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
Menyatakan bahwa pesan tidak dipahami dan meminta komunikasi dilanjutkan melalui telepon.10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di …
Menyatakan bahwa tugas atau pekerjaan dilanjutkan di lokasi tertentu.10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
Menginformasikan bahwa pekerjaan telah selesai dengan baik.10-65 Menunggu berita lanjutan
Menyatakan bahwa sedang menunggu informasi atau berita lebih lanjut.10-67 Semua unit siap / setuju
Mengkonfirmasi bahwa semua unit siap atau setuju untuk melaksanakan tugas.10-68 Pertemuan dengan cara
Menyatakan cara atau metode yang akan digunakan untuk pertemuan.10-69 Pesan telah diterima
Mengkonfirmasi bahwa pesan telah diterima oleh penerima.10-70 Ada kebakaran di …
Menginformasikan adanya kebakaran di suatu lokasi.10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
Menyatakan jenis perangkat atau rig yang digunakan.10-72 Menanti Pengarahan
Menyatakan bahwa sedang menunggu pengarahan atau instruksi lebih lanjut.10-73 Kurangi kecepatan pada …
Permintaan untuk mengurangi kecepatan di lokasi tertentu.10-74 Tidak // Negatif
Menyatakan penolakan atau ketidaksetujuan.10-75 Penyebab gangguan
Menginformasikan atau menanyakan penyebab gangguan dalam komunikasi.10-76 Dalam perjalanan ke …
Menginformasikan bahwa sedang dalam perjalanan menuju lokasi tertentu.10-77 Belum / tidak menghubungi / Tidak ada kontak
Menginformasikan bahwa belum ada kontak atau komunikasi yang dilakukan.10-78 Tempat kerja / kantor / sekolah
Menyatakan atau menanyakan lokasi tempat kerja, kantor, atau sekolah.10-79 Membawa makanan
Menginformasikan bahwa seseorang sedang membawa makanan.10-80 Stasiun Pemancar Ulang / RPU
Menyatakan penggunaan stasiun pemancar ulang atau repeater (RPU).10-81 Pesankan kamar di hotel …
Permintaan untuk memesan kamar di hotel tertentu.10-82 Pesankan kamar untuk …
Permintaan untuk memesan kamar atas nama seseorang.10-83 Perlengkapan cadangan
Menginformasikan perlengkapan cadangan yang diperlukan atau disiapkan.10-84 Nomor telepon
Menyatakan atau menanyakan nomor telepon yang dapat dihubungi.10-85 Rumah / Alamat
Menyatakan atau menanyakan alamat rumah atau lokasi tertentu.10-86 Nomor Polisi Kendaraan
Menyatakan atau menanyakan nomor polisi kendaraan yang digunakan.10-87 Sudah sampai tujuan
Menginformasikan bahwa telah tiba di tujuan.10-88 Love & Kiss
Kode untuk menyampaikan kasih sayang atau salam mesra.10-89 Butuh montir radio
Permintaan untuk mengirimkan montir untuk memperbaiki perangkat radio.10-90 Dapat gangguan pesawat televisi (TVI)
Menginformasikan adanya gangguan pada pesawat televisi akibat sinyal.10-91 Agar berbicara dekat mikrofon
Permintaan untuk berbicara lebih dekat dengan mikrofon agar suara lebih jelas.10-92 Pemancar / pesawat perlu distel
Menginformasikan bahwa pemancar atau perangkat radio perlu disetel ulang.10-93 Cek kecepatan frekuensi
Permintaan untuk memeriksa atau mengatur kecepatan frekuensi.10-94 Berbicara agak panjang
Permintaan agar pengirim menyampaikan pesan lebih panjang atau lebih lengkap.10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
Menginformasikan bahwa transmisi akan dilakukan dengan sinyal setiap 5 detik.10-97 Test pada pemancar / test jarum sinyal pesawat
Permintaan untuk melakukan tes pada pemancar atau sinyal.10-98 Check in Net / Kegiatan net (NCS)
Menginformasikan partisipasi atau pengecekan dalam kegiatan net (Network Control Station).10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
Menginformasikan bahwa tugas telah selesai dengan sukses dan semua orang dalam keadaan aman.10-100 Akan ke kamar mandi
Menginformasikan bahwa seseorang akan meninggalkan pos untuk pergi ke kamar mandi.10-200 Butuh bantuan polisi di …
Permintaan untuk mengirimkan bantuan polisi ke lokasi tertentu.10-300 Butuh pemadam kebakaran di …
Permintaan untuk mengirimkan bantuan pemadam kebakaran ke lokasi tertentu.10-400 Butuh petugas ketertiban umum di …
Permintaan untuk mengirimkan petugas ketertiban umum ke lokasi tertentu.10-500 Butuh bantuan provost di …
Permintaan untuk mengirimkan bantuan provost ke lokasi tertentu.10-600 Butuh bantuan garnizun di …
Permintaan untuk mengirimkan bantuan garnizun (militer) ke lokasi tertentu.10-700 Butuh bantuan s.a.r. di …
Permintaan untuk mengirimkan bantuan Search and Rescue (SAR) ke lokasi tertentu.10-800 Butuh bantuan petugas PLN
Permintaan untuk mengirimkan bantuan dari petugas PLN (Perusahaan Listrik Negara).10-900 Butuh bantuan di …
Permintaan umum untuk bantuan di lokasi tertentu.10-1000 Perlu obat anti mabok
Permintaan untuk obat anti mabuk.
Salam RAPI
- 51 Salam Keluarga
- 55 Salam Sejahtera
- 73 Best Regard / Salam Terbaik
Kode-kode ini mencerminkan berbagai situasi yang mungkin dihadapi oleh anggota RAPI, mulai dari komunikasi sehari-hari hingga keadaan darurat. Dengan memahami dan menggunakan kode-kode ini dengan benar, komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif, serta membantu dalam menjaga kelancaran operasi RAPI di seluruh Indonesia.
No comments:
Post a Comment