Daftar semua Kode 10 yang digunakan dalam Komunikasi Radio



Berikut ini adalah daftar lengkap Sandi Angka 10 yang digunakan dalam komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Kode-kode ini membantu dalam menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan efisien, terutama dalam berbagai situasi yang berbeda.

Daftar Lengkap Sandi Angka 10

  1. 10-1 Sulit didengar // Penerimaan buruk
    Sinyal radio yang diterima lemah atau tidak jelas.

  2. 10-2 Didengar jelas // Penerimaan baik
    Sinyal radio yang diterima jelas dan dapat dimengerti.

  3. 10-3 Berhenti mengudara / memancar
    Menghentikan transmisi atau siaran untuk sementara waktu.

  4. 10-4 Benar // Dimengerti
    Pesan telah dipahami dengan jelas oleh penerima.

  5. 10-5 Ada pesan untuk disampaikan
    Ada informasi atau pesan yang perlu disampaikan kepada orang lain.

  6. 10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting
    Tidak dapat merespons karena sedang sibuk, kecuali ada informasi penting.

  7. 10-7 Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara
    Mengalami masalah teknis yang membuat tidak bisa melakukan transmisi.

  8. 10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara
    Semua sistem dalam kondisi baik dan siap untuk melakukan transmisi.

  9. 10-9 Mohon diulangi
    Meminta pengirim untuk mengulang pesan karena tidak jelas atau tidak terdengar.

  10. 10-10 Penyampaian berita selesai
    Pengiriman atau penyampaian pesan sudah selesai.

  11. 10-11 Berbicara terlalu cepat
    Permintaan agar pengirim berbicara lebih lambat.

  12. 10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu
    Tidak dapat melanjutkan komunikasi karena ada tamu yang datang.

  13. 10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan
    Menyampaikan atau meminta informasi mengenai cuaca atau kondisi jalan.

  14. 10-14 Informasi
    Menyampaikan bahwa ada informasi yang perlu didengar.

  15. 10-15 Informasi sudah disampaikan
    Mengkonfirmasi bahwa informasi telah diterima dan disampaikan.

  16. 10-16 Mohon dijemput / diambil di / direspon
    Permintaan untuk dijemput atau diberikan respon.

  17. 10-17 Ada urusan penting
    Menyatakan bahwa ada hal penting yang perlu dilakukan.

  18. 10-18 Ada sesuatu untuk kita
    Ada sesuatu yang mungkin bermanfaat atau diperlukan.

  19. 10-19 Bukan untuk Anda, harap kembalikan
    Pesan atau informasi yang diterima tidak ditujukan kepada penerima, harap dikembalikan.

  20. 10-20 Lokasi transmit // Posisi memancar
    Menyatakan atau meminta lokasi saat ini dari pengirim atau penerima.

  21. 10-21 Kontak / hubungan melalui telepon
    Meminta atau menyarankan untuk melakukan kontak melalui telepon.

  22. 10-22 Melapor langsung ke …
    Permintaan untuk melapor langsung ke tempat atau orang tertentu.

  23. 10-23 Menunggu // Stand by
    Permintaan untuk menunggu atau tetap dalam posisi standby.

  24. 10-24 Selesai melaksanakan tugas
    Menginformasikan bahwa tugas telah selesai dilakukan.

  25. 10-25 Dapatkah menghubungi / dihubungi
    Meminta konfirmasi apakah dapat dihubungi atau dapat menghubungi.

  26. 10-26 Pesan/info terakhir kurang diperhatikan
    Menyatakan bahwa pesan terakhir tidak diperhatikan atau tidak dipahami dengan baik.

  27. 10-27 Pindah ke jalur / channel …
    Permintaan untuk berpindah ke kanal atau jalur komunikasi yang berbeda.

  28. 10-28 Nama panggilan // Callsign
    Menyebutkan atau meminta nama panggilan atau callsign.

  29. 10-29 Waktu hubungan / kontak habis
    Menginformasikan bahwa waktu untuk kontak atau hubungan telah habis.

  30. 10-30 Tidak menaati peraturan
    Menyatakan bahwa seseorang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

  31. 10-31 Sistem / jenis antena yang digunakan
    Menyatakan atau meminta informasi mengenai sistem atau jenis antena yang digunakan.

  32. 10-32 Laporan sinyal dan modulasi // Radio check
    Permintaan untuk memeriksa sinyal dan kualitas modulasi (cek radio).

  33. 10-33 Keadaan darurat // Emergency
    Menyatakan situasi darurat yang membutuhkan perhatian segera.

  34. 10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini
    Permintaan bantuan karena ada kesulitan di stasiun yang bersangkutan.

  35. 10-35 Informasi rahasia
    Informasi yang bersifat rahasia dan tidak boleh disebarluaskan.

  36. 10-36 Jam berapa waktu yang tepat?
    Meminta informasi mengenai waktu yang tepat.

  37. 10-37 Perlu mobil derek di …
    Permintaan untuk mengirimkan mobil derek ke lokasi tertentu.

  38. 10-38 Perlu ambulans di …
    Permintaan untuk mengirimkan ambulans ke lokasi tertentu.

  39. 10-39 Pesan sudah disampaikan
    Mengkonfirmasi bahwa pesan telah disampaikan ke pihak yang bersangkutan.

  40. 10-40 Perlu dokter
    Permintaan untuk mengirimkan atau memanggil dokter.

  41. 10-41 Silahkan pindah frekuensi
    Permintaan untuk pindah ke frekuensi lain untuk melanjutkan komunikasi.

  42. 10-42 Ada kecelakaan di …
    Memberitahukan adanya kecelakaan di lokasi tertentu.

  43. 10-43 Kemacetan lalu lintas di …
    Memberitahukan adanya kemacetan lalu lintas di lokasi tertentu.

  44. 10-44 Ada pesan untuk Anda
    Menginformasikan bahwa ada pesan yang ditujukan kepada penerima.

  45. 10-45 Dalam jangkauan, harap melapor
    Meminta penerima untuk melapor jika berada dalam jangkauan.

  46. 10-46 Memerlukan montir
    Permintaan untuk mengirimkan montir ke lokasi tertentu.

  47. 10-47 Waktu berangkat jam …
    Menyatakan waktu berangkat dari suatu lokasi.

  48. 10-48 Waktu tiba jam …
    Menyatakan waktu tiba di suatu lokasi.

  49. 10-49 Titik pertemuan di …
    Menyatakan atau meminta lokasi pertemuan di suatu tempat.

  50. 10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
    Permintaan untuk mengosongkan kanal atau jalur komunikasi.

  51. 10-51 Kehabisan Bahan Bakar
    Menginformasikan bahwa bahan bakar telah habis dan membutuhkan bantuan.

  52. 10-52 Membutuhkan ban
    Permintaan untuk mengirimkan ban cadangan ke lokasi tertentu.

  53. 10-53 Membutuhkan peralatan
    Permintaan untuk mengirimkan peralatan tertentu ke lokasi tertentu.

  54. 10-54 Membutuhkan bankipas
    Permintaan untuk mengirimkan bankipas ke lokasi tertentu.

  55. 10-55 Membingungkan sopir
    Menyatakan bahwa sopir bingung atau tidak mengetahui arah.

  56. 10-56 Butuh tali penyeret
    Permintaan untuk mengirimkan tali penyeret ke lokasi tertentu.

  57. 10-57 Kesulitan baterai
    Menginformasikan bahwa baterai mengalami kesulitan atau habis daya.

  58. 10-60 Apakah ada pesan selanjutnya?
    Menanyakan apakah ada pesan selanjutnya yang perlu disampaikan.

  59. 10-61 Jalan tidak bisa dilewati
    Menginformasikan bahwa jalan di suatu lokasi tidak dapat dilewati.

  60. 10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
    Menyatakan bahwa pesan tidak dipahami dan meminta komunikasi dilanjutkan melalui telepon.

  61. 10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di …
    Menyatakan bahwa tugas atau pekerjaan dilanjutkan di lokasi tertentu.

  62. 10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
    Menginformasikan bahwa pekerjaan telah selesai dengan baik.

  63. 10-65 Menunggu berita lanjutan
    Menyatakan bahwa sedang menunggu informasi atau berita lebih lanjut.

  64. 10-67 Semua unit siap / setuju
    Mengkonfirmasi bahwa semua unit siap atau setuju untuk melaksanakan tugas.

  65. 10-68 Pertemuan dengan cara
    Menyatakan cara atau metode yang akan digunakan untuk pertemuan.

  66. 10-69 Pesan telah diterima
    Mengkonfirmasi bahwa pesan telah diterima oleh penerima.

  67. 10-70 Ada kebakaran di …
    Menginformasikan adanya kebakaran di suatu lokasi.

  68. 10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
    Menyatakan jenis perangkat atau rig yang digunakan.

  69. 10-72 Menanti Pengarahan
    Menyatakan bahwa sedang menunggu pengarahan atau instruksi lebih lanjut.

  70. 10-73 Kurangi kecepatan pada …
    Permintaan untuk mengurangi kecepatan di lokasi tertentu.

  71. 10-74 Tidak // Negatif
    Menyatakan penolakan atau ketidaksetujuan.

  72. 10-75 Penyebab gangguan
    Menginformasikan atau menanyakan penyebab gangguan dalam komunikasi.

  73. 10-76 Dalam perjalanan ke …
    Menginformasikan bahwa sedang dalam perjalanan menuju lokasi tertentu.

  74. 10-77 Belum / tidak menghubungi / Tidak ada kontak
    Menginformasikan bahwa belum ada kontak atau komunikasi yang dilakukan.

  75. 10-78 Tempat kerja / kantor / sekolah
    Menyatakan atau menanyakan lokasi tempat kerja, kantor, atau sekolah.

  76. 10-79 Membawa makanan
    Menginformasikan bahwa seseorang sedang membawa makanan.

  77. 10-80 Stasiun Pemancar Ulang / RPU
    Menyatakan penggunaan stasiun pemancar ulang atau repeater (RPU).

  78. 10-81 Pesankan kamar di hotel …
    Permintaan untuk memesan kamar di hotel tertentu.

  79. 10-82 Pesankan kamar untuk …
    Permintaan untuk memesan kamar atas nama seseorang.

  80. 10-83 Perlengkapan cadangan
    Menginformasikan perlengkapan cadangan yang diperlukan atau disiapkan.

  81. 10-84 Nomor telepon
    Menyatakan atau menanyakan nomor telepon yang dapat dihubungi.

  82. 10-85 Rumah / Alamat
    Menyatakan atau menanyakan alamat rumah atau lokasi tertentu.

  83. 10-86 Nomor Polisi Kendaraan
    Menyatakan atau menanyakan nomor polisi kendaraan yang digunakan.

  84. 10-87 Sudah sampai tujuan
    Menginformasikan bahwa telah tiba di tujuan.

  85. 10-88 Love & Kiss
    Kode untuk menyampaikan kasih sayang atau salam mesra.

  86. 10-89 Butuh montir radio
    Permintaan untuk mengirimkan montir untuk memperbaiki perangkat radio.

  87. 10-90 Dapat gangguan pesawat televisi (TVI)
    Menginformasikan adanya gangguan pada pesawat televisi akibat sinyal.

  88. 10-91 Agar berbicara dekat mikrofon
    Permintaan untuk berbicara lebih dekat dengan mikrofon agar suara lebih jelas.

  89. 10-92 Pemancar / pesawat perlu distel
    Menginformasikan bahwa pemancar atau perangkat radio perlu disetel ulang.

  90. 10-93 Cek kecepatan frekuensi
    Permintaan untuk memeriksa atau mengatur kecepatan frekuensi.

  91. 10-94 Berbicara agak panjang
    Permintaan agar pengirim menyampaikan pesan lebih panjang atau lebih lengkap.

  92. 10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
    Menginformasikan bahwa transmisi akan dilakukan dengan sinyal setiap 5 detik.

  93. 10-97 Test pada pemancar / test jarum sinyal pesawat
    Permintaan untuk melakukan tes pada pemancar atau sinyal.

  94. 10-98 Check in Net / Kegiatan net (NCS)
    Menginformasikan partisipasi atau pengecekan dalam kegiatan net (Network Control Station).

  95. 10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
    Menginformasikan bahwa tugas telah selesai dengan sukses dan semua orang dalam keadaan aman.

  96. 10-100 Akan ke kamar mandi
    Menginformasikan bahwa seseorang akan meninggalkan pos untuk pergi ke kamar mandi.

  97. 10-200 Butuh bantuan polisi di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan polisi ke lokasi tertentu.

  98. 10-300 Butuh pemadam kebakaran di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan pemadam kebakaran ke lokasi tertentu.

  99. 10-400 Butuh petugas ketertiban umum di …
    Permintaan untuk mengirimkan petugas ketertiban umum ke lokasi tertentu.

  100. 10-500 Butuh bantuan provost di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan provost ke lokasi tertentu.

  101. 10-600 Butuh bantuan garnizun di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan garnizun (militer) ke lokasi tertentu.

  102. 10-700 Butuh bantuan s.a.r. di …
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan Search and Rescue (SAR) ke lokasi tertentu.

  103. 10-800 Butuh bantuan petugas PLN
    Permintaan untuk mengirimkan bantuan dari petugas PLN (Perusahaan Listrik Negara).

  104. 10-900 Butuh bantuan di …
    Permintaan umum untuk bantuan di lokasi tertentu.

  105. 10-1000 Perlu obat anti mabok
    Permintaan untuk obat anti mabuk.

Salam RAPI

  • 51 Salam Keluarga
  • 55 Salam Sejahtera
  • 73 Best Regard / Salam Terbaik

Kode-kode ini mencerminkan berbagai situasi yang mungkin dihadapi oleh anggota RAPI, mulai dari komunikasi sehari-hari hingga keadaan darurat. Dengan memahami dan menggunakan kode-kode ini dengan benar, komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif, serta membantu dalam menjaga kelancaran operasi RAPI di seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment