Fakta Menarik Mbah Asih, Sang Juru Kunci Merapi Pengganti Mbah Maridjan


Mbah Asih merupakan sosok juru kunci Gunung Merapi pasca meninggalnya Mbah Maridjan pada tahun 2010 akibat letusan gunung tersebut. Nama lenkap Mbah ASih adalah Suraksohargo Asihono alias Asih. Mbah Asih namanya, adalah anak keempat dari enam bersaudara, pasangan Mbah Mardijan dan Mbah Ponirah. Setelah Mbah Maridjan meninggal, juru kunci Merapi diserahkan kepada putranya yaitu Mbah Asih atau yang memiliki nama lengkap Suraksohargo Asihono. Penunjukan tersebut langsung dari Istana Ngayogyakarta pada April 2011. 

Sultan Hamengkubuwana X mengangkat menjadi Juru Kunci Merapi pada 4 April 2011, menggantikan ayahnya, mendiang Mbah Maridjan, yang meninggal saat terjadi erupsi Merapi pada Oktober 2010. Karena letusan gunung merapi, rumah mendiang mbah Asih dijadikan museum yang letaknya tak jauh dari gunung merapi. Mbah Asih merupakan salah seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta.
Foto Mbah Asih jadi cover Twitter Merapi Uncover @merapi_uncover

Profil Mbah Asih, Juru Kunci Merapi Pengganti Mbah Maridjan Ini Tugas dan Tanggung Jawab Juru Kunci Gunung Merapi Berikut beberapa fakta menarik Mbah Asih, dilansir berbagai sumber Mbah Asih Penerus Mbah Maridjan Juru kunci Gunung Merapi pengganti Mbah Maridjan, Mbah Asih.

Setelah Mbah Maridjan meninggal, putranya yang menggantikan ayahnya sebagai penjaga gunung berapi aktif terbesar di dunia. Orang sering memanggilnya Mbah Asih. Namanya memang tidak sepopuler ayahnya, tetapi yang menunjuknya menjadi juru kunci Merapi adalah Istana Ngayogyakarta pada April 2011. Mbah Asih tidak lagi tinggal di rumah tempat ia pernah tinggal bersama ayahnya. Sekarang Mbah Asih tinggal di Huntap, Karangkendal, Umbulharjo.


Seperti ayahnya, Mbah Asih merupakan sosok yang sederhana dan rendah hati. Karena sifat-sifat ini, tidak mengherankan bahwa istana Jogja menunjuk dirinya sebagai orang yang dapat 'menerjemahkan' peregangan Merapi. Ia juga diberikan tugas untuk memberikan peringatan kepada masyarakat jika Gunung Merapi kembali aktif. Selain itu, Mbah Asih juga selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan saling memberikan informasi satu sama lain.

Dilain Kesempatan seorang netizen Muhammad Sugeng Fattah pada 27 November 2020 Sowan ke juru kunci gunung merapi mbah asih/mas panewu suroksohargo gunung merapi sekarang baru aktif beliau memberi wejangan kepada kita selalu hati2 dalam mengevakuasi warga karena saat ini gunung terus bergemuruh dan sewaktu2 bisa mengeluarkan lahar panas jaga kondisi teruslah berbuat kebaikan untuk sesama. Beliau lah penerus bpknya mbah maridjan.

No comments:

Post a Comment